DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN USAHA

Hai, Sobat Dunia Kampus!!

Perkembangan teknologi saat ini berlangsung sangat pesat. Hal ini menjadi pendorong masuknya digital marketing ke Indonesia. Digital marketing sudah marak terjadi di Indonesia, sejak tahun 2010. Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang menggunakan metode pelayanan digital marketing pun terus meningkat. Perkembangan pesat digital marketing ini dikarenakan penggunaan metode ini lebih cepat, lebih mudah, dan lebih luas jangkauannya. Untuk perusahaan yang sedang merintis usahanya, sangat penting untuk mengetahui apa itu digital marketing, karena hal tersebut akan membantu perkembangan perusahaan yang dirintis.

(cr: static.vecteezy.com)

Digital Marketing merupakan strategi memperkenalkan produk barang dan jasa kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Menurut beberapa para ahli, digital marketing dapat diartikan, sebagai berikut:

1.  Coviello, Milley and Marcolin “2001:26”

    Digital marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

2.  Urban “2004:2”

       Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, one-to-one marketing dan “e-marketing” erat kaitannya dengan “digital marketing”.

3.  Kleindl & Burrow “2005”

    Proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Dalam merintis sebuah usaha, menerapkan metode digital marketing sangat penting dilakukan, karena digital marketing mempunyai tujuan yang akan memberikan dampak yang baik kepada perusahaan. Tujuan dari digital marketing ini, antara lain: meningkatkan pendapatan penjualan dengan efektif, meningkatkan pangsa pasar secara spesifik, memperbaiki manajemen rantai suplai, mengurangi pengeluaran biaya, mencapai tujuan Customer Relationship Management, dan masih banyak lagi. Dengan metode digital marketing ini, perusahaan yang baru dirintis dan dalam masa pengembangan ini akan mendapat manfaat yang melimpah, seperti:

·    Memudahkan interaksi, karena berflatform online

     Dengan penggunaan media online, hal ini akan memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang diperlukan. Tidak seperti dahulu, dimana para konsumen harus mencari informasi melalui koran, brosur, dan media cetak lainnya. Atau bahkan mendatangi langsung tempat sumber informasi tersebut.

·    Meningkatkan konversi penjualan

     Karena dilakukan melalui media online, target pasar pun semakin luas sehingga calon konsumen yang di jangkau juga semakin banyak. Hal tersebut kemudian akan meningkatkan konversi penjualan perusahaan.

·    Mengurangi pengeluaran biaya promosi

    Melakukan promosi dengan metode online ini lebih efisien dan murah dibandingkan berpromosi dengan metode offline.

·   Pelayanan bersifat real time

    Dengan sistem rela time ini, perusahaan akan dimudahkan dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Sehingga, konsumen akan merasa puas dengan pelayanan cepat dari perusahaan.

·   Penggunaan smartphone

    Saat ini, semua orang sudah menggunakan smartphone dengan koneksi internet yang cepat. Hal ini memudahkan konsumen dalam mencari dan memesan produk yang diperlukannya.

·    Meningkatnya pendapatan perusahaan

    Karena jangakauan yang ditawarkan lenih luas, perusahaan akan terus mendapat pelanggan baru, sehingga keuntungan yang didaptkan juga akan meningkat.

Dalam penerapannya, metode digital marketing ini dibagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, jenis digital marketing yang dapat kita gunakan ada dua, yaitu:

1. Push Digital Marketing

Push Digital Marketing merupakan jenis digital marketing yang mengacu pada upaya mempromosian produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Mempromosian ini dapat dilakukan dengan pembuatan blog, website, pengiriman email, dan lain-lainnya.

2. Pull Digital Marketing

Pull Digial Markting merupakan jenis digital marketing yag mengacu pada keaktifan konsumen dalam mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa yang dibutuhkan.

Selain mengetahui jenis digital marketing yang ada, kita juga perlu mengtahui strategi yang tepat dalam penerapannya. Menurut Kotler, Armstrong (2008: P.10), konsep strategi digital marketing yang perlu diketahui oleh perusahaan, antara lain:

1.  Konsep Produksi Ide

Dimana konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan sangat terjangkau dan karena itu organisasi harus berfokus pada peningkatan produksi dan efisiensi distribusi.

2.  Konsep Produk Ide

Dimana konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur terbaik dan oleh karena itu organisasi.harus menguras energinya untuk membuat peningkatan produk yang berkelanjutan.

3.  Konsep Penjualan Ide

Dimana konsumen tidak akan membeli produk perusahaan kecuali jika produk itu dijual dalam skala penjualan dan usaha promosi yang besar.

4.  Konsep Pemasaran Filosofi

Manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasai tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada pesaing.

5.  Konsep Pemasaran Berwawasan

Sosial Prinsip pemasaran yang menyatakan bahwa perusahaan harus mengambil keputusan pemasaran yang baik dengan memperhatikan keinginan konsumen, persyaratan perusahaan, kepentingan jangka panjang konsumen, dan kepentingan jangka panjang masyarakat.

Untuk mendukung pelaksaan pengembangan digital marketing, kita juga harus mengetahui taktik atau metode digital marketing yang ada, yaitu:

1.  Search Engine Optimization (SEO)

Sebuah proses untuk mengoptimasi website Anda ke ‘ranking’ yang lebih tinggi di search engine result pages, hal ini dapat meningkatkan jumlah traffic yang akan diterima website anda.

2.  Content Marketing

Membuat dan mempromosikan aset konten dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap brand Anda, penumbuhan traffic, lead generation, atau pelanggan.

3.  Inbound Marketing

Inbound marketing mengarah pada pendekatan ‘full-funnel’ untuk menarik, menukar, menutup, dan menyenangkan customer menggunakan konten online.

4.  Sosial Media Marketing

Praktik dari mempromosikan brand dan konten Anda di channel sosial media adalah untuk meningkatkan kesadaran brand, menambah traffic, dan menghasilkan leads untuk bisnis anda.

5.  Pay-Per-Click (PPC)

Salah satu metode untuk menaikan traffic ke website Anda adalah dengan membayar penerbit setiap kali iklan yang Anda klik.PPC yang paling umum digunakan adalah Google AdWords.

6.  Affiliate Marketing

Sebuah tipe iklan performance-based dimana Anda menerima komisi setelah mempromosikan produk orang lain di website Anda.

7.  Native Advertising

Native advertising mengacu pada iklan yang umumnya ‘content-led’ dan memiliki fitur yang berdampingan, konten tak berbayar. Postingan yang disponsori Buzzfeed adalah contoh yang baik, tapi banyak orang yang mempertimbangkan bahwa iklan sosial media menjadi periklanan ‘asli’ seperti iklan di facebook dan iklan di instagram.

8.  Marketing Automation

Marketing automation mengacu pada software yang telah ada dengan tujuan agar aksi marketing menjadi otomatis. Banyak departemen marketing harus membuat beberapa task otomatis seperti email, media sosial, dan aksi-aksi website lain.

9.  Email Marketing

Perusahaan menggunakan email marketing sebagai jalan untuk berkomunikasi dengan audiens mereka. Email banyak digunakan untuk mempromosikan konten, diskon dan event, sama seperti untuk mengarahkan seseorang langsung ke website.Anda dapat menggunakan MailTarget sebagai penyedia layanan email marketing automation berbasiskan cloud computing

10.Online PR

    Online PR adalah praktek dari mengamankan cakupan online yang dihasilkan melalui publikasi digital, blogs, dan website content-based yang lain. Lebih seperti tradisional PR, tetapi pada ranah online

  Perkembangan arus digitalisasi ini membuat kita mau/tidak mau mengikutinya. Jika perusahaan dapat dengan bijak memanfaatkannya, banyak keuntungan yanga akan didapatkan. Oleh sebab itu, perlu pengetahuan yang luas bagi perintis usaha baru, agar usaha yang dijalankannya dapat berkembang pesat.



DAFTAR PUSTAKA

Seomuda. 2020. Pentingnya Digital Marketing bagi Perusahaan dan UMKM. Diakses pada https://seomuda.id/pentingnya-digital-marketing-bagi-perusahaan-dan-umkm/ (5 April 2021).

Dosen Pendidikan. 2021. Digital Marketing Adalah. Diakses pada  https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/ (5 April 2021).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WAJIB DITONTON, YUK SIMAK 5 DRAKOR ON GOING INI!!

YUK, MASUKIN LAGU-LAGU INI KE LIST KALIAN!