DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN USAHA
Hai, Sobat Dunia Kampus!!
Perkembangan teknologi saat ini berlangsung sangat pesat. Hal ini menjadi pendorong masuknya digital marketing ke Indonesia. Digital marketing sudah marak terjadi di Indonesia, sejak tahun 2010. Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang menggunakan metode pelayanan digital marketing pun terus meningkat. Perkembangan pesat digital marketing ini dikarenakan penggunaan metode ini lebih cepat, lebih mudah, dan lebih luas jangkauannya. Untuk perusahaan yang sedang merintis usahanya, sangat penting untuk mengetahui apa itu digital marketing, karena hal tersebut akan membantu perkembangan perusahaan yang dirintis.
Digital Marketing merupakan strategi memperkenalkan produk barang dan jasa kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Menurut beberapa para ahli, digital marketing dapat diartikan, sebagai berikut:
1. Coviello, Milley and Marcolin “2001:26”
Digital marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.
2. Urban “2004:2”
Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, one-to-one marketing dan “e-marketing” erat kaitannya dengan “digital marketing”.
3. Kleindl & Burrow “2005”
Proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Dalam
merintis sebuah usaha, menerapkan metode digital marketing sangat penting
dilakukan, karena digital marketing mempunyai tujuan yang akan memberikan
dampak yang baik kepada perusahaan. Tujuan dari digital marketing ini, antara
lain: meningkatkan pendapatan penjualan dengan efektif, meningkatkan pangsa
pasar secara spesifik, memperbaiki manajemen rantai suplai, mengurangi
pengeluaran biaya, mencapai tujuan Customer Relationship Management, dan masih
banyak lagi. Dengan metode digital marketing ini, perusahaan yang baru dirintis
dan dalam masa pengembangan ini akan mendapat manfaat yang melimpah, seperti:
· Memudahkan interaksi, karena berflatform online
Dengan penggunaan media online, hal ini akan memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang diperlukan. Tidak seperti dahulu, dimana para konsumen harus mencari informasi melalui koran, brosur, dan media cetak lainnya. Atau bahkan mendatangi langsung tempat sumber informasi tersebut.
· Meningkatkan konversi penjualan
Karena dilakukan melalui media online, target pasar pun semakin luas sehingga calon konsumen yang di jangkau juga semakin banyak. Hal tersebut kemudian akan meningkatkan konversi penjualan perusahaan.
· Mengurangi pengeluaran biaya promosi
Melakukan promosi dengan metode online ini lebih efisien dan murah dibandingkan berpromosi dengan metode offline.
· Pelayanan bersifat real time
Dengan sistem rela time ini, perusahaan akan dimudahkan dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Sehingga, konsumen akan merasa puas dengan pelayanan cepat dari perusahaan.
· Penggunaan smartphone
Saat ini, semua orang sudah menggunakan smartphone dengan koneksi internet yang cepat. Hal ini memudahkan konsumen dalam mencari dan memesan produk yang diperlukannya.
· Meningkatnya pendapatan perusahaan
Karena jangakauan yang ditawarkan lenih luas, perusahaan akan terus mendapat pelanggan baru, sehingga keuntungan yang didaptkan juga akan meningkat.
Dalam penerapannya, metode digital marketing
ini dibagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, jenis digital marketing yang
dapat kita gunakan ada dua, yaitu:
1. Push
Digital Marketing
Push Digital Marketing
merupakan jenis digital marketing yang mengacu pada upaya mempromosian produk
atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Mempromosian ini dapat
dilakukan dengan pembuatan blog, website, pengiriman email, dan lain-lainnya.
2. Pull
Digital Marketing
Pull Digial Markting
merupakan jenis digital marketing yag mengacu pada keaktifan konsumen dalam
mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa yang dibutuhkan.
Selain
mengetahui jenis digital marketing yang ada, kita juga perlu mengtahui strategi
yang tepat dalam penerapannya. Menurut Kotler, Armstrong (2008: P.10), konsep strategi
digital marketing yang perlu diketahui oleh perusahaan, antara lain:
1. Konsep
Produksi Ide
Dimana konsumen akan
menyukai produk yang tersedia dan sangat terjangkau dan karena itu organisasi
harus berfokus pada peningkatan produksi dan efisiensi distribusi.
2. Konsep
Produk Ide
Dimana konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur terbaik dan oleh
karena itu organisasi.harus menguras energinya untuk membuat peningkatan produk
yang berkelanjutan.
3. Konsep
Penjualan Ide
Dimana konsumen tidak
akan membeli produk perusahaan kecuali jika produk itu dijual dalam skala
penjualan dan usaha promosi yang besar.
4. Konsep
Pemasaran Filosofi
Manajemen pemasaran
yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasai tergantung pada pengetahuan
akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan
secara lebih baik daripada pesaing.
5. Konsep
Pemasaran Berwawasan
Sosial Prinsip
pemasaran yang menyatakan bahwa perusahaan harus mengambil keputusan pemasaran
yang baik dengan memperhatikan keinginan konsumen, persyaratan perusahaan,
kepentingan jangka panjang konsumen, dan kepentingan jangka panjang masyarakat.
Untuk
mendukung pelaksaan pengembangan digital marketing, kita juga harus mengetahui
taktik atau metode digital marketing yang ada, yaitu:
1. Search
Engine Optimization (SEO)
Sebuah proses untuk mengoptimasi
website Anda ke ‘ranking’ yang lebih tinggi di search engine result pages, hal
ini dapat meningkatkan jumlah traffic yang akan diterima website anda.
2. Content
Marketing
Membuat dan
mempromosikan aset konten dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap
brand Anda, penumbuhan traffic, lead generation, atau pelanggan.
3. Inbound
Marketing
Inbound marketing
mengarah pada pendekatan ‘full-funnel’ untuk menarik, menukar, menutup, dan
menyenangkan customer menggunakan konten online.
4. Sosial
Media Marketing
Praktik dari
mempromosikan brand dan konten Anda di channel sosial media adalah untuk
meningkatkan kesadaran brand, menambah traffic, dan menghasilkan leads untuk
bisnis anda.
5. Pay-Per-Click
(PPC)
Salah satu metode untuk
menaikan traffic ke website Anda adalah dengan membayar penerbit setiap kali
iklan yang Anda klik.PPC yang paling umum digunakan adalah Google AdWords.
6. Affiliate
Marketing
Sebuah tipe iklan
performance-based dimana Anda menerima komisi setelah mempromosikan produk
orang lain di website Anda.
7. Native
Advertising
Native advertising
mengacu pada iklan yang umumnya ‘content-led’ dan memiliki fitur yang
berdampingan, konten tak berbayar. Postingan yang disponsori Buzzfeed adalah
contoh yang baik, tapi banyak orang yang mempertimbangkan bahwa iklan sosial
media menjadi periklanan ‘asli’ seperti iklan di facebook dan iklan di
instagram.
8. Marketing
Automation
Marketing automation
mengacu pada software yang telah ada dengan tujuan agar aksi marketing menjadi
otomatis. Banyak departemen marketing harus membuat beberapa task otomatis
seperti email, media sosial, dan aksi-aksi website lain.
9. Email
Marketing
Perusahaan menggunakan
email marketing sebagai jalan untuk berkomunikasi dengan audiens mereka. Email
banyak digunakan untuk mempromosikan konten, diskon dan event, sama seperti
untuk mengarahkan seseorang langsung ke website.Anda dapat menggunakan
MailTarget sebagai penyedia layanan email marketing automation berbasiskan
cloud computing
10.Online PR
Online PR adalah praktek dari mengamankan cakupan online yang dihasilkan melalui publikasi digital, blogs, dan website content-based yang lain. Lebih seperti tradisional PR, tetapi pada ranah online
Perkembangan arus digitalisasi ini membuat kita mau/tidak mau mengikutinya. Jika perusahaan dapat dengan bijak memanfaatkannya, banyak keuntungan yanga akan didapatkan. Oleh sebab itu, perlu pengetahuan yang luas bagi perintis usaha baru, agar usaha yang dijalankannya dapat berkembang pesat.
DAFTAR PUSTAKA
Seomuda.
2020. Pentingnya Digital Marketing bagi Perusahaan dan UMKM. Diakses pada https://seomuda.id/pentingnya-digital-marketing-bagi-perusahaan-dan-umkm/ (5 April 2021).
Dosen
Pendidikan. 2021. Digital Marketing Adalah. Diakses pada https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/ (5 April 2021).
Komentar
Posting Komentar